Jumat, 19 Oktober 2012

Kombinasi Karaktermu


Bagi yang pernah tes kepribadian, ada beberapa informasi yang bisa dilihat di sini..


Jika selama ini banyak ditemukan buku-buku yang mengulas satu-satu kepribadian, ditulisan ini sedikit berbeda, karena berdasarkan kombinasi dua kepribadian.


Karena sebenarnya seseorang tidak mutlak koleris, tidak mutlak sanguinis, tidak mutlak melankolis, ataupun mutlak phlegmatis.


Demikian uraiannya, dan… Selamat membaca… ^___^


-----------------------------------
*Koleris-Melankolis (Super Power) : orang-orang dengan pendirian yang kuat dan tidak mudah terpengaruh. Orang koleris-melankolis adalah pemikir sejati dan perfeksionis. Mereka memiliki tekad yang sangat kuat dan usaha yang juga kuat. oleh karena itu, mereka memiliki banyak prestasi atau pencapaian hidup yang memuaskan. Mereka sering terlibat dalam aktivitas organisasi, kadang bersikap terlalu serius dan tidak mentoleransi adanya cacat di dalam sebuah organisasi. Orang koleris-melankolis cocok menjadi pemimpin yang tegas, bertanggungjawab dan kharismatik. Oleh karena itu, banyak yang mengagumi sosok si koleris melankolis ini. Namun hati-hati, karena tak sedikit pula orang-orang yang tidak nyaman dengan pemikiran orang koleris melankolis yang terlalu ‘saklek’ menganggap pendapat dialah yang paling benar dan sering komplain, sehingga tak sedikit pula orang yang tidak suka dengan orang yang memiliki kepribadian Koleris melankolis. Orang koleris melankolis kurang suka dengan hal-hal yang tidak berguna, misalnya bercanda dan bermalas-malasan. Orang-orang seperti ini juga memiliki pemikiran yang mendalam terhadap sesuatu atau seseorang, sehingga jika dia sudah mencintai sesuatu atau seseorang, dia bisa menjadi sangat concern atau overprotective serta loyal, namun jika dia sudah membenci atau tidak suka pada sesuatu, dia akan mendendam. Orang-orang koleris-melankolis biasanya terlihat pula dari sifat dan sikapnya yang ‘cool’ dan terkesan sombong. Pemilik kolaborasi kepribadian ini biasanya mencari pendamping hidup yang bisa mengimbangi pemikirannya, memujinya dengan tulus dan patuh terhadap segala aturan yang dibuat olehnya.

*Melankolis-Koleris (Perfection) : Tak jauh berbeda dengan kombinasi kepribadian yang telah dibahas sebelumnya, pemimpin yang kharismatik, berwibawa, dan bertanggungjawab, namun, perbedaannya, orang melankolis-koleris lebih berperasaan, perfeksionis, namun masih menjunjung tinggi toleransi. Ketika ada bawahan yang berbuat salah, mereka sering memaklumi. Sifat kolerisnya cenderung tersembunyi, tertutup empati. Di mana dia seringkali membayangkan bagaimana jika dia berada di posisi orang lain, orang tipe ini sangat peka terhadap lingkungan sekitar, dan sangat berinisiatif dalam melakukan tindakan. Berhubung melankolisnya lebih dominan, sebenarnya dia tidak mentoleransi adanya kesalahan, namun dia seringkali tidak tega menyalahkan orang-orang sekitar, sehingga orang dengan kepribadian seperti ini cenderung sering menyalahkan diri sendiri dan mengeluh. Ataupun jika dia kesal kepada seseorang, dia cenderung memendam kekesalannya di dalam. Meskipun tak jarang ia juga sering bersikap tegas kepada orang yang berbuat salah. Orang dengan tipe ini lebih banyak diidolai orang-orang, karena selain pandai memimpin, empatinya pun tinggi. Orang dengan kepribadian melankolis-koleris biasanya mencari pendamping hidup yang dapat memotivasinya dari dalam. Karena orang dengan kepribadian seperti ini memiliki potensi yang luar biasa, namun mudah down.

*Koleris-Sanguinis  (Active Energetic): Manusia dengan tipe kepribadian ini adalah seseorang yang pantas menjadi motivator hebat. Ia seringkali menjadi inspirasi bagi banyak kalangan. Ia pemimpin yang terbuka dan menyenangkan. Orang tipe ini biasanya memiliki kemampuan bicara yang tidak hanya memotivasi, tapi juga membuat banyak orang tertawa dan terinspirasi. Orang koleris sanguinis sangat supel (mudah bergaul) dengan siapa saja. Dia tetap berwibawa namun terkesan tidak sombong. Lebih down to earth. Dan orang-orang seperti ini biasanya memiliki kemampuan yang tinggi untuk mempengaruhi orang. Ia sangat fleksibel, dan optimis. Permasalahan yang serius, ia akan tangani dengan serius pula, namun ketika ia mengalami kegagalan atau tidak tercapainya suatu target, dia akan berlapang dada, bahkan tertawa, bukan putus asa ataupun menyerah. Ia akan berusaha merayakan kegagalan dengan upaya lain yang lebih kuat lagi. Orang seperti ini mau belajar, cepat belajar, dan tanggap akan peluang-peluang di sekitarnya. Dalam memimpin pun ia mudah dekat dengan bawahan dan rekan-rekannya. Sehingga, orang tipe ini cenderung sangat amat banyak memiliki teman dari berbagai kalangan. Kelemahannya, mereka cenderung pelupa dan melupakan kejadian-kejadian yang menurut orang lain penting. Namun ia melupakannya. Oleh karena itu, orang yang ‘perasa’ akan banyak tersinggung oleh orang koleris-sanguinis, karena merasa tidak dipentingkan, orang-orang koleris sanguinis sering lupa akan hal-hal kecil yang dianggap istimewa oleh beberapa orang. Orang dengan tipe ini biasanya mencari pendamping hidup yang kalem namun bisa diajak ceria, tidak pemurung, tidak membosankan, dan mudah diajak tertawa.

*Sanguinis-Koleris (Cheerful Energetic) : Tidak jauh berbeda dengan yang telah dijabarkan di atas, perbedaannya orang dengan kepribadian dominan sanguinis lebih cheerful dan sering melakukan guyonan-guyonan terhadap orang-orang penting seperti pemerintah atau orang-orang yang mereka anggap terlalu ‘freak’ dalam memimpin. Orang tipe ini bisa memimpin dengan baik jika ditunjuk, namun dalam suasana santai, mereka cenderung melupakan bahwa sebenarnya mereka memiliki jiwa pemimpin. Selebihnya sama dengan penjabaran Koleris-sanguinis.

*Koleris-Phlegmatis (Beautiful Calm) : Jenis kepribadian ini sangat bertolak belakang, namun kita bisa menemukannya pada orang-orang yang ‘diam-diam menghanyutkan’. Pendiam, namun sebenarnya dia menyimpan banyak prestasi dan aktif di bidang-bidang yang ia tekuni. Orang dengan tipe kepribadian seperti ini memiliki rencana-rencana hidup yang matang sekaligus misi yang terstruktur  dalam  mencapai rencana-rencana tersebut, namun ia tidak terlalu mengharuskan sesuatu berjalan dengan keinginannya, ia adalah pemimpin yang lebih fleksibel dan mengutamakan kepentingan golongan dibanding kepentingan pribadi, lebih berbaur, tidak terlihat menonjol seperti pemimpin-pemimpin lainnya yang memiliki tipe kombinasi koleris yang lain, namun sebenarnya ia memiliki potensi yang besar. Jika dilihat secara sekilas, orang-orang seperti ini cukup kalem atau santai dalam menghadapi berbagai masalah, bahkan terkesan sering menggampangkan suatu perkara. Namun hal ini baik, mengingat hidup ini seperti air mengalir, dijalani saja. Orang seperti ini, meskipun santai, namun memiliki kontrol diri yang sangat kuat untuk maju secara bertahap, tanpa mengusiik ketenangan orang lain. Maksudnya, dia tidak suka memamerkan usaha-usaha dan apa yang telah ia peroleh ke publik, dia cenderung lebih diam, dan berfokus ke dalam, namun ketika dia bergerak, hasilnya tak bisa disangka-sangka. Orang dengan kepribadian seperti ini tulus dalam memberi, pemimpin yang cinta damai, tidak mudah terprovokasi karena hal-hal sepele, lebih berlapang dada, dan orang seperti ini cocok menjadi tim sukses, karena ia seringkali berada di belakang orang-orang sukses. Orang Koleris Phlegmatis adalah pendukung setia yang bisa diandalkan. Oleh karena dalam kehidupan sehari-harinya cenderung pendiam, kalem, orang-orang koleris-phlegmatis membutuhkan orang-orang yang cheerful untuk melengkapi hidupnya.

*Phlegmatis-Koleris (Honesty) : Tipe ini hampir sama dengan tipe “Koleris-Phlegmatis’. Hanya saja kadar santainya cenderung lebih dominan. Lebih menggampangkan sesuatu, lebih sering menunda-nunda, namun, ia pun sebenarnya memiliki jiwa pemimpin yang baik, yaitu pemimpin yang tidak terlalu menuntut anak buahnya, namun pemimpin jenis ini cenderung sering dikaitkan dengan jenis pemimpin pemalas. Padahal sebetulnya, bisa saja ia sedang menyusun strategi, namun karena pembawaannya yang santai, usaha-usahanya tidak terlihat. Orang jenis ini tidak ‘riya’. Maksudnya, dalam melakukan sesuatu, tak perlu ada orang yang melihatnya dan memujinya. Mereka tidak haus pujian, mereka hanya melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Hanya itu. Tidak mengharapkan mendapat pujian, sanjungan, ataupun simpatik, ia jujur apa adanya. Dan selebihnya, hampir sama dengan tipe ‘Koleris-phlegmatis’ si diam-diam menghanyutkan, ia membutuhkan orang yang ceria untuk membuat hidupnya lebih berwarna. Meskipun, dengan sifatnya yang pendiam, ia tak merasa terganggu, ia menikmati sifatnya yang cuek dan pendiam.

*Melankolis-Sanguinis (Deeply Sweet) : Manusia seperti ini adalah tipe pendengar yang baik, oleh karena itu, mereka seringkali memiliki hubungan intrapersonal yang baik dengan sahabat-sahabatnya, sesuai untuk dijadikan teman curhat. Mereka adalah sahabat yang baik dan penuh pengertian. Mereka hanya terbuka pada orang-orang yang mereka percayai atau teman-teman dekat mereka. Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki mood yang tidak stabil (berubah-ubah), alias moody. Jika moodnya sedang baik, ia akan sangat bersemangat dan melakukan tugas-tugas dengan cepat dan baik. Namun, jika moodnya sedang buruk, ia akan menjadi pemalas dan pemurung. Mereka supel namun seringkali membuat blok-blok kenyamanan dalam berteman. Mereka tidak akan nyaman berada di lingkungan yang bukan merupakan bloknya. Maksud blok di sini ialah ada beberapa orang yang ia yakini sebagai teman sejati untuknya, yang ia merasa nyaman berada di dekat teman-teman itu, namun ada beberapa orang yang ia yakini bahwa dia bukan teman sejati, dalam arti dia kurang nyaman berteman dengan orang-orang tersebut. Namun, hal tersebut tidak membuat orang dengan tipe kepribadian ini menjadi tidak ramah. Ia ramah pada siapapun, sekalinya orang ramah padanya, ia akan lebih ramah lagi, namun, ketika ia mendapati bahwa ada beberapa orang yang tidak ramah padanya, dia akan menjauhi, hal ini bukanlah dendam, namun untuk menghindari ketidaknyamanan. Oleh karena itu orang tipe ini biasanya lebih banyak menghindar. Orang melankolis-sanguinis adalah orang yang terlihat ceria dan mudah tertawa jika bersama teman-temannya, namun pemurung jika sendiri. Oleh karena itu, mereka cenderung labil. Terkadang kau bisa menemukan orang melankolis-sanguinis tertawa-tertawa bersamamu, namun beberapa saat kemudian kau menemukan ia mengirim pesan singkat padamu bahwa ia sedang sangat sedih. Moodnya berubah cepat, semakin sering sendiri, semakin sering dia menggalau. Hal ini juga terjadi pada orang dengan kepribadian “Melankolis-koleris”. Persamaan lain juga terletak pada kepekaan. Orang “Melankolis-sanguinis” dan “Melankolis koleris” sama-sama memiliki kepekaan yang tinggi terhadap orang-orang dan lingkungan sekitar. Orang melankolis sanguinis sering memuji dan mudah kagum pada seseorang menurut kriterianya, mereka cenderung ingin selalu membahagiakan orang lain, bahkan meskipun harus mengorbankan perasaan sendiri. Orang-orang seperti ini senang memotivasi orang dari dalam. Orang melankolis-sanguinis adalah orang-orang yang baik hati, ramah, dan lebih senang bermain daripada membicarakan hal-hal serius yang tidak ia sukai. Orang dengan kepribadian ini mencari pendamping hidup yang ramah, supel, tidak terlalu serius, dan dapat menerima apa adanya.

*Sanguinis-Melankolis (Friendly) : hampir sama dengan kepriadian Melankolis-Sanguinis, namun kombinasi kepribadian dominan sanguinis seperti ini lebih cheerful, mudah tertawa, moody juga, namun ia lebih cepat move on dan ceria kembali. Suatu perkumpulan akan sepi tanpa kehadirannya, karena biasanya orang-orang dengan kepribadian seperti ini meramaikan suasana. Namun, di balik keceriaannya, mereka juga bisa sedih dan galau jika ada masalah, mereka cenderung sering bercerita dan lebih terbuka akan masalahnya dibandingkan dengan tipe Melankolis-Sanguinis. Mereka lebih sering bertanya mengenai pendapat orang tentang dirinya, meminta pendapat orang-orang terdekatnya mengenai bagaimana cara menyelesaikan masalah yang ia hadapi, orang-orang seperti ini lebih terbuka akan blok-blok, mereka cenderung supel pada semua blok, tak peduli dengan kenyamanan, mereka mampu berteman menyenangkan dengan siapa saja, mereka ingin membuat semua orang senang (sama seperti orang Melankolis-Sanguinis) namun mereka lebih tegas, maksudnya, tidak akan sampai rela mengorbankan perasaan sendiri. Orang sanguinis-melankolis adalah sahabat yang baik dan ceria, kehadirannya selalu mengundang tawa, dan terkadang berisik. Memiliki selera humor yang tinggi dan senang tertawa. Orang-orang seperti ini tidak se’peka’ orang melankolis-sanguinis ataupun orang melankolis-koleris. Orang sanguinis-melankolis cenderung lebih mementingkan perasaan pribadi daripada orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, ia lebih senang didengar, daripada sekedar menjadi pendengar. Orang seperti ini sangat cocok bersahabat dengan orang berkepribadian melankolis-sanguinis, karena orang-orang tersebut bisa mendengarkan dengan ikhlas tanpa merasa bosan. Bahkan orang-orang melankolis-sanguinis senang menjadi tempat curhat bagi orang lain. Orang denga tipe sanguinis-melankolis seperti ini membutuhkan pendamping hidup yang lebih bijaksana, tegas, berwibawa, dan mampu mendengarkan dengan ikhlas curhatan-curhatannya tanpa merasa bosan.

*Melankolis-Phlegmatis (Purity) : si baik hati yang selalu menerima sesuatu apa adanya. mereka berteman tanpa syarat yang aneh-aneh. mereka apa adanya dan sangat loyal terhadap sahabat-sahabatnya. Dan meskipun mereka memiliki sifat santai dalam dirinya. Hidupnya tetap terstruktur dan penuh kedamaian. Perlahan-lahan tetapi pasti, itu yang sering mereka lakukan dalam menyelesaikan tugas-tugas. Tidak terlalu cepat, tidak terlalu lambat, namun hasilnya baik. Orang dengan tipe seperti ini tidak neko-neko dalam mencapai target-target hidup. Ia memiliki target, namun jika melenceng, ia tidak akan lantas menyalahkan diri sendiri dan tenggelam dalam keterpurukan serta penyesalan yang mendalam. Mereka akan berjalan terus melanjutkan perjuangan pencapaian target, tanpa penyesalan. Bagi mereka, yang terpenting adalah prosesnya, bukan hasil akhir dari sebuah perjuangan. Dalam berteman, mereka adalah teman yang baik, ramah dan pengertian, namun mereka cenderung melihat sesuatu dari perspektifnya, maksudnya, jika menurutnya hal itu salah, ya salah, namun jika menurutnya hal itu benar, ya benar. Namun, mereka tidak mengambil pusing tentang perbedaan pendapat di luar diri mereka. Mereka seringkali berpikir bahwa hidup ini pilihan, dan terserah masing-masing mau bagaimana menjalankan kehidupan. Apa yang mereka yakini, tak akan membuatnya dibenci orang lain karena dalam meyakini sesuatu, mereka tidak menargetkan atau memaksakan orang-orang pun harus meyakini apa yang mereka yakini. Mereka hanya sekedar memberi tahu, tanpa paksaan, jika orang-orang tergerak untuk memahaminya, mereka akan sangat bersyukur, namun, jika tidak, yasudah, mereka tak akan memaksa, itu hak masing-masing manusia dalam menentukan pilihan. Orang dengan tipe kombinasi seperti ini cenderung teguh pendirian, memegang prinsip kuat yang mereka yakini, dan tidak mudah terpengaruh oleh apa kata lingkungan. Hampir sama dengan orang melankolis dominan kombinasi yang lain, orang tipe ini mudah terharu atas apa yang membuatnya terharu, mereka pun pendengar yang baik bagi permasalahan-permasalahan tertentu. Namun, ketertarikannya hilang ketika teman curhatnya menceritakan apa yang tak ia minati. Orang dengan kepribadian seperti ini mengkriteriakan pasangan yang cenderung high quality dan sepemahaman dengannya.

*Phlegmatis-Melankolis (Sincerity) : Pecinta damai sejati, pencari aman. Hampir sama dengan kombinasi kepribadian Melankolis-Phlegmatis. Orang-orang seperti ini sangat cinta damai dan cenderung lebih santai. Ciri-ciri orang berkepribadian seperti ini ialah sering membaca buku-buku yang ia sukai. Mereka sebenarnya menyukai keindahan tutur kata, namun terlalu segan untuk bertutur kata. Sehingga orang-orang seperti inilah yang biasanya terlihat pendiam dan cuek, tetapi sebenarnya dia sangat peka dan memperhatikan keadaan orang-orang di sekitarnya. Orang seperti ini biasanya diam-diam memperhatikan, diam-diam mencintai, diam-diam menyayangi. Ia seperti ketulusan sunyi yang tanpa pamrih. Tipe manusia dengan kombinasi ini tipe yang paliiing menerima orang apa adanya dengan tulus, mereka cenderung tertutup dan lebih melihat ke arah masalah orang lain dalam menatap masalahnya sendiri. Ia jarang bercerita tentang masalah pribadinya. Ia memendamnya, namun ia tak merasa tertekan karena memendam itu semua, karena yang ia yakini ialah bahwa masalah pribadi sebaiknya tidak dibawa ke publik, atau sekedar diceritakan ke teman-teman. Ia hanya bercerita pada beberapa orang terdekat, yang biasanya bisa dihitung jari. Mereka Terlihat biasa-biasa saja, tidak terlalu periang, tidak terlihat pemurung, terlihat sangat santai dan damai dalam menghadapi permasalahan dunia, menyukai dry humor, namun ia pun memiliki prinsip hidup yang kuat dalam dirinya, sama seperti orang dengan kepribadian melankolis-phlegmatis. Dan perbedaannya lagi, orang dengan tipe kombinasi kepribadian ini memang memiliki keyakinan atau pemahaman yang kuat akan sesuatu hal, namun ia tidak akan mendiskusikan perbedaan pemahaman tersebut dengan teman-teman yang satu pemahaman maupun yang berbeda. Menurutnya, perbedaan adalah hal yang tabu dibicarakan. Akan tetapi  jika ada yang mengajaknya diskusi mengenai ‘perbedaan’, ia akan bersedia namun akan sangat berhati-hati dalam menjelaskan. Orang dengan tipe kepribadian seperti ini membutuhkan pendamping yang lebih senang berbicara atau berdiskusi, untuk membimbingnya berdiskusi dan berbicara dengan nyaman tanpa tekanan, karena mereka cenderung tertutup dan pendiam tentang masalah-masalah tertentu.

Sanguinis-Phlegmatis (Popularity) : Si periang suasana. Tipe orang dengan kepribadian ini sangat amat suka bercanda dan jarang bisa diajak serius, sekalinya ia serius, tetap saja akan banyak mengundang tawa orang-orang di sekitarnya. Biasanya orang-orang dengan kepribadian ini berbakat menjadi pelawak atau penghibur. Ia ramah pada semua orang, hidup dengan santainya, tidak terlalu neko-neko, dan sangat menyenangkan di ajak bercanda. Mereka sering mengeyampingkan urusan-urusan atau tugas-tugas yang penting dan lebih senang berkumpul dengan teman-temannya. Jika ke toko buku, ia tidak akan fokus melihat buku-buku, melainkan membuntuti temannya yang sedang fokus mencari buku, kemudian mengajak temannya bercanda ataupun mengomentari apapun yang ia lihat di sana. Mereka sulit untuk fokus dan tidak terlalu rajin belajar. Namun mereka cerdas, sehingga meskipun mereka tidak belajar, bisa jadi nilai-nilainya bagus. Karena mereka menjalani permasalahan hidup dengan santai, jarang tertekan, menganggap dunia ini hanya guyonan yang tak perlu dibawa serius. Mereka membebaskan pikiran, dan kadang mengganggu orang-orang yang serius. Mereka biasanya sering membuat orang lain kesal namun juga bisa membuat orang tertawa terbahak-bahak tanpa henti, meskipun dia sendiri tidak tertawa. Orang tipe ini tidak suka membaca buku-buku yang serius, tidak terlalu suka menonton film, dan jarang menggunakan sosial media. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, sifat mereka sangat sociable, ramah, dan banyak teman.

*Phlegmatis-Sanguinis (Exclusive Special) : Tak jauh berbeda dengan orang sanguinis-phlegmatis, orang-orang phlegmatis-sanguinis pun suka sekali bercanda, bersenda gurau, namun mereka lebih acuh tak acuh terhadap apa yang mereka katakan. Orang seperti ini biasanya sangat cerdas dan sangat cuek. Lebih kalem, damai, dan santai dari orang-orang sanguinis-phlegmatis, namun lebih menghayati jika sudah bercanda. Mereka kurang peka terhadap perasaan orang-orang sekitar, mereka seringkali tidak menyadari tanda-tanda, apakah orang telah tersinggung, ataukah tidak. Mereka lebih sering mengomentari hal-hal yang mereka lihat dan membahas dengan cara yang kocak tentang apa yang tidak mereka sukai. Mereka kreatif, tidak menyukai aturan namun tetap patuh aturan. Tidak pernah terlalu tertekan, namun lebih pemurung dari orang Sanguinis-Phlegmatis. Orang-orang tipe ini lebih dipandang sebagai anak-anak keren, baik itu karena mereka gaul, pintar, cerdas, kaya, ataupun eksklusif. Mereka sangat spesial dan tidak mudah menyukai orang. Orang-orang yang bisa menarik perhatian orang ‘phlegmatis-sanguinis’ adalah orang-orang hebat yang bisa menempatkan dirinya sesuai suasana. Mereka tak menyukai orang-orang yang ‘sok pintar’, ‘sok bijaksana’, ‘sok memimpin’ dan lain-lain. Mereka pun tidak menyukai orang-orang yang terlalu berlebihan. Mereka yang memiliki sifat ini paling terlihat jika tidak suka dengan seseorang. Mereka ekspresif dan apa adanya. Jika dia suka dengan seseorang, ia akan menunjukan prilaku yang baik dan bersahabat, namun jika ia tidak menyukai seseorang, ia tidak lantas berpura-pura ramah di depan, namun ia tak segan memperlihatkannya. Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki kualitas yang tinggi dalam mencari pendamping hidup, yaitu seseorang yang bisa membuatnya nyaman dan kagum.

So, apa kepribadianmu?

------------------------------------------------

--> nb : Tulisan ini dibuat berdasarkan referensi dari buku berjudul “Personality Plus” karya Florence Littauer yang dikolaborasi dengan pengamatan penulis. Tulisan di atas bisa saja tidak sesuai, karena hal tersebut hanya berdasarkan perpaduan dua personality saja, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi pribadi seseorang, misalnya kadar introvert dan ekstrovertnya seseorang, kadar insting dan feeling seseorang, cara pengasuhan orangtua, faktor lingkungan yang berubah, masa lalu seseorang dan juga yg terpenting kadar keimanan seseorang...
wallahu'alam.. semoga sisi kebaikan terus kita gali dari sifat2 kita yg tentunya harus makin baik :)


sumber: note

73 komentar:

sulaiman mengatakan...

saya cenderung melankolis jga koleris . thanks sudah berbagi ilmu ;)

arbain87 mengatakan...

saya plegmatis-melankolis. thanks ya infonya. kunjungi blogku juga ya www.arbain1987.bogspot.com

Unknown mengatakan...

Saya baca barusan,,baguss.. Saya kombinasi Koleris-Melankolis dengan bberapa karakter Sanguin..

Unknown mengatakan...

saya cenderung ke phlegmatis-sanguinis deh kyk-nya

-LiTtLe_iidz- mengatakan...

saya orang bertipe sanguinis-melankolis...
makasi atas info nya ya..

Riri Andriani mengatakan...

Kepribadian saya Melankolis-Sanguinis, kepribadian yg menurut saya unik karena saling bertolak belakang.

Jesio Trianto mengatakan...

sanguinis-plegmatis

pmgulam mengatakan...

Great sum's. Jarang yg buat kayak gini...Cheers

pmgulam mengatakan...

Great sum's. Jarang yg buat kayak gini...Cheers

Anonim mengatakan...

Terima kasih artikelnya. Saya adalah seorang melankolis-sanguinis. Ijin share ya di blog saya :)

Errriii mengatakan...

Saya cenderung kolerik-plagmetik

NyoraUne mengatakan...

Ijin copas ya kak..:D
http://nyor4.blogspot.com/

Amalia mengatakan...

Aku melankolis sanguinis😀 dan benar, itu aku banget...

Unknown mengatakan...

Ini baru bener....dibaca enak....kalo di brieving di kantor kelememahan saja yg di bahas....jadi malas mendengarkan...

Unknown mengatakan...

Ini baru bener....dibaca enak....kalo di brieving di kantor kelememahan saja yg di bahas....jadi malas mendengarkan...

Unknown mengatakan...

Hammer Of Thor Di Medan

Anabolic Rx24 Asli

Boneka Full Body Di Medan

Jual Dildo Di Medan

Rina Meita Sari mengatakan...

Assalamu'alaikum,
sebelumnya saya minta izin buat baca sama copypaste ya...
makasih buat infonya :) sangat bermanfaat..

Unknown mengatakan...

pernah ikut tes karakter masuk ny k melankolis, tapi aku ngrasa plegmatis ny juga ada..
setelah baca ini jadi ngerti, melankolis-plegmatis

Anonim mengatakan...

Awalnya saya mengira kalau saya itu melankolis-plegmatis. Tapi setelah saya baca lagi, saya juga masuk ke dalam tipe melankolis-sanguin. Jadi, apakah saya memiliki 3 kepribadian campuran?

Anonim mengatakan...

sanguinis-plegmatis

Unknown mengatakan...

subhanallah.. aku melankolis plegmatis :') .makasih ya infonya .

Unknown mengatakan...

Melankolis-Koleris

Unknown mengatakan...

Plegmatis melankolis 😊😊..

Tamara Fahira mengatakan...

Melankolis-Koleris hihii

Herdian Deni mengatakan...

Thanks infonya. Dulu di tes di sma jawabannya koleris melankolis. Tp ga dijelasin sama gurunya wkwkwk... Lol. Ternyata kok serem ya makna nya hehehee

cuthawe mengatakan...

Beautiful calm hihi

Ina mengatakan...

Sanguin skor (32) korelis skor (28) plegmatis skor (28)..sanguin yg liat kondisi brhdpn sm org gimana.bisa jwbn tolakan hlus..atau penerimaan hlus..😊

Unknown mengatakan...

Makasih infonya kk, tpi mnrt saya, tipe saya itu melankolis-sanguinis-plegmatis (lah? Gmna tuh~:v)
Ijin share kk~

Anonim mengatakan...

Koleris - melankolis.. and i hate it...

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Hasil test psikologi DISC, saya termasuk jenis D-S, yaitu Kolerik-Phlegmatis.

Unknown mengatakan...

Dalam buku florence littauer dijelaskan bahwa melankolis tidak bisa dikombinasikan dengan sanguin ataupun sebaliknya, sama halnya dengan koleris yg tidak bisa dikombinasikan dengan plegmatis ataupun sebalinya

Anonim mengatakan...

INTJ (Koleris-Melankolis)

Amel mengatakan...

Saya Melankolis-Phlegmatis (Purity)
Orang yang saya sukai Pleghmatis-Melankolis (Sincerity)
Apakah cocok min?

Unknown mengatakan...

Makasih banyak Mba atas kebermanfaatan tulisan ini. Moga sehat selalu :)

Anonim mengatakan...

KOLERIS-MELANKOLIS (SUPER POWER)

Unknown mengatakan...

Saya Melankolis-Phlegmatis, dan ditambah dengan sedikit kepribadian Sanguinis

Unknown mengatakan...

Saya Sanguinis-Plegmatis. Kadang cenderung ke sanguinisnya, kadang juga ke plegmatisnya. Blognya sangat membantu👍👍👍

Unknown mengatakan...

plagmatis-sanguin.

Unknown mengatakan...

Typo -> plegmatis-sanguin

Anonim mengatakan...

Saya Koleris-melankolis

Unknown mengatakan...

Thanks..informasinya ,
saya cenderung plegmatis melankolis,krna saya suka membaca apapun
Artikelnya sangat membantu

Anonim mengatakan...

entj, koleris-melankolis, dengan sedikit temperamen plegmatis.

Haisimo mengatakan...

Aku plegmatis-sanguinis, hihi, tapi orang yang bukan teman dekatku pasti ngiranya aku plegmatis campuran melankolis

Anonim mengatakan...

Kepribadian Inventor, Beautiful Calm. (ENTP, Koleris-Plegmatis)

Anonim mengatakan...

Sangat membantu, skrg saya tau alasan knp bisa putus sama doi wkwk
Ternyata dari sifat dasarnya emang gk cocok

Nia mengatakan...

Sincerity

Anonim mengatakan...

Sy 11-12 dengan Pleg-Mel <=> Mel-Pleg
Terima kasih infonya, skrg sudah paham apa hak sy sebagai pribadi dan partisipan di khalayak.

Jazakallah khair..

Unknown mengatakan...

Melankolis koleris cocoknya dengan kepribadian apa ya

Unknown mengatakan...

Melankolis koleris cocoknya dengan kepribadian apa ya

Unknown mengatakan...

Melankolis koleris cocoknya dengan kepribadian apa ya

Unknown mengatakan...

Sama lur...

Unknown mengatakan...

Itu menurut buku kan, bisa aja lingkungan yg berbeda menyebabkan kepribadian seseorang berubahk

gabygla mengatakan...

ada yang pernah bilang kalau aku itu phlegmatis dan sanguinis tapi aku gak yakin p-s atau s-p. akhirnya nyoba2 tes dptnya phlegmatis. jadi aku coba baca yg phlegmatis-sanguinis dan... rasanya sangat sesuai. temen aku pernah bilang kalo aku eksklusif, susah didekatin. masalah pendamping hidup, ya aku butuh orang yg nyaman dan kagum. dari kecerdasannya baik intelektual atau cara menempatkan diri. akhirnya ada yg mengerti aku wkwkwk

azril mengatakan...

Saya lebih cocok melankolis koleris / koleris melankolis gk tau yg dominan yang mana Karena sama sama kuat, lebih menghindari orang yang banyak bicara tidak berguna . Krn memang tidak berguna . Bercanda boleh asal tetap memikirkan perasaan orang lain .

azril mengatakan...

Saya mengalami hal itu. Kalo menurut informasi yang saya dapatkan kepribadian tidak bisa di ubah , kalau diubah pun akan berakibat buruk .

Unknown mengatakan...

Koleris plegmatis..

Unknown mengatakan...

Saya koleris sanguinis deh keknya

Haneey mengatakan...

Saya merasa dominan melankolis sanguinis..tapi banyak orang ga percaya..karna dinilai melankolis sama sanguinis bertolak belakang...jadi dianggap salah satunya adalah topengku..

bloger keren mengatakan...

Tambah ilmu nih .... tapi kalo mau tes kepribadian utk tahu karakter kita gmn ya?

Anonim mengatakan...

sanguinis plegmatis ����

RoyFahrer mengatakan...

Saya koleris melankolis tapi ada sedikit sanguinnya

Unknown mengatakan...

Iklan y kak

Unknown mengatakan...

kak, apakah ada test kepribadian untuk dua kombinasi karakter ini kk? kalau ada linknya kak kalau misalnya test nya dalam bentuk online kka ?

pawi mengatakan...

Fix plegmantis koleris🤭

Unknown mengatakan...

samaa

Kasfi Siska Januar mengatakan...

karakter ku plegmatis sanguinis ditambah sedikit melankolis

Anonim mengatakan...

Temperamentku Plegmatis - Melankolis 😊

Mellysa Henggar mengatakan...

seneng sumpah artikel ini dijadiin bahan rujukan banyak orang!

Unknown mengatakan...

Saya melankolis koleris sepertinya jodoh saya Sanguinis Koleris

CELESTINO ARTURO mengatakan...

I want to share with you all on how Dr Itua saves my life with his powerful Herbal medicines, I was diagnosed of Oral/Ovarian Cancer which i suffered from for 5 years with no positive treatment until when My son came to me in the hospital when i was laying down on my dying bed waiting for god to call out my name to join him in heaven.
My son was so excited that very day he came across Dr Itua on Blogspot, we decided to give him a try although we Americans are so scared to trust Africans but i really have no choice that time to choose life in between so we gave a try to Dr Itua Herbal medicines, god willing he was a good man with a god gift. Dr Itua sent us herbal medicine. It was three bottles. I took it for three weeks as an instructor and these herbal medicines heal me, cure my Oral/Ovarian Cancer completely. I have been living for 9 months now with a healthy life with no more symptoms.
I'm sponsoring Dr Itua in LA Advert on Cancer patent seminar which my son will be participating too and other patent Dr Itua has cured from all kind of human disease, also if you are sick from disease like,Epilepsy,Breast Cancer,Prostate Cancer,Throat cancer,Thyroid Cancer,Uterine cancer,Fibroid,Angiopathy, Ataxia,Arthritis,Brain cancer,Hiv,. Vaginal cancer,Herpes,Colon-Rectal Cancer,Chronic Disease.Amyotrophic Lateral Sclerosis,Brain Tumor,Fibromyalgia,Fluoroquinolone Toxicity,Multiple myeloma,Tach Diseases,Leukemia,Liver cancer,
Esophageal cancer,Gallbladder cancer,,Bladder cancer,Gestational trophoblastic disease,Head and neck cancer,Hodgkin lymphoma
Intestinal cancer,Kidney cancer,Hpv,Lung cancer,Adrenal cancer.Bile duct cancer,Bone cancer,Melanoma,Mesothelioma,Neuroendocrine tumors
Non-Hodgkin lymphoma,Cervical Cancer,Oral cancer,Hepatitis,Skin cancer,Soft tissue sarcoma,Spinal cancer,Pancreatic Cancer, Stomach cancer
Testicular cancer,
Syndrome Fibrodysplasia Ossificans ProgresS sclerosis,Alzheimer's disease,Chronic Diarrhea,Copd,Parkinson,Als,Adrenocortical carcinoma Infectious mononucleosis,Vulvar cancer,Ovarian cancer,,Sinus cancer, Here Is The Wonderful Healer Contact. Name_ Doctor Itua, Email Contact: drituaherbalcenter@gmail.com, Phone/WhatsApp: +2348149277967

Anonim mengatakan...

Plegmatis-sanguins

my blog mengatakan...

Dapet koleris melankolis dan klo udh mau apa pasti harus bisa didapetin. Soal yg namanya becanda emg ga bisa walau udh berusaha ke ngeblend sm orang deket. Ttep aja butuh sendirian