Jumat, 26 Maret 2010

Penyebab Penyakit

Jika bertanya apakah penyakit itu, sebagian orang akan menjawab bahwa penyakit adalah segala sesuatu yang dapat menyebabkan orang sakit. Jawaban yang bagus memang tapi bukan jawaban yang lengkap. Banyak penyakit memerlukan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sebelum menunjukan gejala, walaupun mereka menyebabkan kerusakan tubuh yang tidak dapat diperbaiki selama waktu tersebut. Ada penyakit yang menyebabkan efek sedang ayau ringan, namun ada juga yang menyebabkan kematian. Penyakit dapat menjangkiti semua mahluk hidup di muka bumi, bahkan bakteri.

Definisi standar penyakit adalah suatu kondisi di mana fungsi sehat di dalam organism hidup terganggu dan terjadi perubahan fisik pada sel atau jaringannya. Apakah penyakit tersebut berefek ringan atau serius tergantung pada tingkat gangguan. Sebagi contoh, tubuh manusia memerlukan vitamin C dalam jumlah tertentu untuk memelihara kesehtan tulang dan pembuluh darah. Kekurangan sedikit vitamin c bias tidak menimbulkan gejala, atau bias juga berakibat nyeri dan mimisan; kekurangan banyak vitamin c menyebabkan anemia atau scurvi.

Seriusnya suatu penyakit juga berhubungan dengan luas dan tempat terjadinya kerusakan fisik. Infeksi pada kulit dapat meninggalkan bekas bekas tetapi biasanya tidak mematikan, sementara kerusakan pada otot jantung mungkin dapat menyebabkan serangan jantung yang fatal atau gagal jantung.

Tidak ada komentar: