Rabu, 18 April 2012

Caplak & Tungau

Judulnya terdengar aneh bahkan mungkin asing, terlebih bagi mereka yang tidak berkecimpung di dunia kesehatan. Untuk menghindari kesalahan dalam persepsi, mari kita ulas, apa itu Caplak dan Tungau? 
     Caplak dan tungau termasuk filum arthropoda, kelas Arachnida dan ordo Acarina. Hanya berbeda dari segi klasifikasi, caplak (ticks) termasuk kedalam subordo Metastigmata sedangkan tungau (mites) termasuk dalam subordo Mesostigmata.
·         Caplak
Ciri khas caplak adalah bagian kepala, dada dan perutnya menyatu, berkulit khitin tebal dan keras, larvanya berkaki tiga pasang, sedangkan nimfa dan dewasanya berkaki empat pasang. Pada caplak jantan skutum menutupi seluruh bagian dorsal. Sedangkan caplak betina skutumnya hanya menutupi sebagian kecil.
Pada hipostoma memiliki ocelli/mata, tetapi tidak memiliki epistoma, corniculi dan tritosternum. Caplak dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu caplak berkulit keras/ hard tick (Ixodidae) dan caplak berkulit lunak/soft tick (Argasidae) karena tidak memiliki scutum. Hipostoma pada caplak merupakan suatu struktur yang terdiri dari gigi-gigi yang tersusun teratur dan menonjol. Struktur inilah yang digunakan untuk menusuk tubuh induk semang ketika caplak menghisap darah.
 Berikut adalah gambar-gambar hasil pengamatan yang didapatkan dari praktikum parasitologi:

Rhipicephalus sanguineus ( Caplak Anjing)
 
·         Tungau
Pada gnathosoma tungau terdapat epistoma, tritosternum (berfungsi dalam transport cairan tubuh), palpus yang beruas-ruas, khelisera, corniculi, dan hipostoma. Khelisera pada tungau teradaptasi untuk menusuk, menghisap atau mengunyah. Tubuh dilindungi oleh dorsal shield/scutum. Tungau memiliki stigma (alat pertukaran O2 dan CO2) yang letaknya bervariasi yaitu di punggung dorsal, antara pangkal kaki/ coxa 2 dan 3, di sebelah coxa ke tiga atau diantara khelisera.
Berikut adalah gambar-gambar hasil pengamatan yang didapatkan dari praktikum parasitologi.
Tungau Ayam

Tungau Debu
 
Caplak
Tungau
Ukurannya besar (makroskopis)
Tubuhnya tertutup rambut pendek
Hipostomanya menonjol dan bergigi
Tektur tubuh tampak keras (kecuali caplak lunak)
Umumnya berukuran kecil (mikroskopis)
Tubuhnya tertutup rambut panjang
Hipostomanya agak tersembunyi
Tekstur tubuhnya nampak membranosa

1 komentar:

Chulud Muhammad mengatakan...

Saya suka pos ini,membantu saya menyelesaikan tugas sekolah saya ^__^ (y)