Jumat, 26 November 2010

10 Sumber Makanan Paling Sehat

1. Almon

Kacang almon mengandung serat, riboflavin (Vitamin B2), magnesium, zat besi, dan kalsium. Kalsium dalam almond lebih besar dari kacang yang lain. Seperti halnya kacang-kacangan, almon merupakan sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak dalam almon merupakan lemak tak jenuh, tipe lemak yang dapat menurunkan kelebihan kadar kolesterol darah.

2. Apel

Apel kaya akan pectin, serat yang larut air dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Apel segar banyak mengandung vitamin C, antioksidan yang dapat mengantisipasi kerusakan sel tubuh. Vitamin C membantu membentuk jaringan kolagen, menjaga kesehatan kapiler dan pembuluh darah, dan mengoptimalkan penyerapan zat besi.

3. Blueberry

Merupakan sumber fitonutrien yang dapat mencegah infeksi saluran kencing. Blueberry sebagai antiaging dan dapat mengoptimalkan memori jangka pendek. Blueberry adalah sumber makanan rendah kalori yang kaya serat dan vitamin C.

4. Brokoli
Selain sumber kalsium, kalium, asam folat, dan serat, brokoli juga mengandung fitonutrien yang dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, Diabetes mellitus, dan kanker. Kandungan lainnya adalah vitamin A dan vitamin C yang melindungi kerusakan sel tubuh

5. Kacang merah
Kaya zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga, vitamin B1, rendah lemak, rendah kalori. Kacang merah merupakan sumber protein nabati dan serat.

6. Salmon
Salmon adalah sumber asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kekentalan darah yang merupakan resiko terjadinya serangan jantung. Salmon mengantisipasi denyut jantung ireguler yang dapat menyebabkan sudden death heart attack, atau kematian mendadak akibat serangan jantung. Kandungan asam lemak dalam salmon ini menurunkan pertumbuhan plak dalam arteri, mengurangi tekanan darah serta menurunkan resiko terkena stroke.

7. Bayam
Unsur nutrisi dalam bayam antara lain vitamin A, vitamin C, asam folat, vitamin B1, vitamin B6, kalsium, zat besi dan magnesium. Dengan kandungan ini bayam bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan rambut dan kulit.

8. Kentang manis
Warnanya yang kuning oranye menunjukkan banyaknya kandungan antioksidan betakaroten. Betakaroten diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh yang berkhasiat antiaging dan menurunkan resiko kanker. Di samping itu kentang manis kaya akan serat, vitamin B6, vitamin C, asam folat dan kalium.

9. Jus sayuran
Jus sayuran kaya akan vitamin dan mineral. Mengkonsumsi jus sayuran adalah cara mudah mengasup nutrisi penting sayuran dalam menu. Jus tomat kaya likopen, antioksidan yang menurunkan resiko penyakit jantung, kanker prstat dan penyakit kanker yang lain.

10. Gandum utuh
Bagian tengah biji gandum mengandung banyak vitamin B1, B2, B3, vitamin E, asam folat, zinc dan serat.

Tidak ada komentar: